BREAKING NEWS :
Loading...

Kisah Masjid dan Shalat Jumat Pertama Rasulullah


PORTAL ASWAJA Dalam perjalanan dari mekkah ke madinah Nabi muhammas SAW Bersama Sahabatnya beristirahat di Quba, kota kecil berjarak kira-kira tujuh kilometer dari kota Madinah. Di kota kecil yang banyak ditumbuhi pohon kurma yang menghijau itu, Nabi tinggal selama empat hari, menurut riwayat lain disebutkan empat belas hari. Di sana, Nabi berjumpa dengan para sahabatnya yang sangat setia seperti Umar ibn Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dan para sahabat yang lain.  

Kondisi saat itu kafir Qurais adalah orang orang yang membenci Rasullah karena membuat agama baru, dan mengajak kaum yang lemah untuk memeluk islam.

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا لَّمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُوا وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Artinya: “Janganlah kamu bersembahyang dalam masjid itu (dhirar) selama-lamanya. Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar taqwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. di dalam masjid itu terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri, dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih. (QS. Al-Taubah, 9:108).

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  sampai di Quba pada hari Senin, setelah tinggal selama empat atau empat belas hari, dan telah selesai membangun masjid yang pertama kali didirikan itu, beliau dan para sahabatnya bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan ke kota Madinah yang selama ini menjadi tumpuan harapan.

Pada hari Jumat pagi sekali, Nabi dan para sahabatnya berangkat menuju Yatsrib atau Madinah. Menjelang memasuki kota Madinah pada kilometer empat, beliau sampai di suatu lembah bernama Wadi Ranuna milik keluarga Bani Salim ibn Auf, di tempat itu Nabi dan rombongan melakukan shalat Jumat (M. Muhyiddin, Sayyiduna Muhammad Nabi al-Rahmah, hal. 61).

Itulah shalat Jumat pertama yang dilakukan Nabi dan para sahabatnya. Sampai sekarang jamaah haji selalu menyempatkan diri berkunjung ke masjid tersebut, dinamai Masjid Jumat karena ia dipakai shalat Jumat untuk yang pertama kalinya.

Dalam khutbahnya yang pertama itu Nabi mewasiatkan beberapa pelajaran yang penting, di antaranya sebagai berikut

“Wahai manusia, hendaklah kamu berbuat kebajikan bagi dirimu sendiri, kamu akan mengetahui, demi Allah, sesungguhnya seseorang dari kamu dikejutkan dengan suara gemuruh, sehingga meninggalkan domba gembalaannya, maka domba itu tidak ada penggembalanya lagi. Allah berfirman padanya, padahal tidak ada penerjemah dan tidak ada penghalang yang menghalangi di sisi-Nya: “Tidakkah rasul-Ku telah datang kepadamu menyampaikan kebenaran?, Aku karuniakan kepadamu harta dan kenikmatan yang banyak maka apa yang dapat kamu kerjakan untuk dirimu?

” Orang itu kemudian menoleh ke kiri dan ke kanan, semuanya lengang tidak melihat sesuatu. Kemudian melihat ke depannya, ia pun tidak melihat sesuatu kecuali Jahannam. Siapa yang ingin terlepas dari siksa Jahannam, meskipun hanya sekedar berbuat baik kepada orang lain dengan memberikan secuil buah kurma, hendaklah ia lakukan. Jika secuil buah kurma pun tidak dimilikinya maka hendaklah ia bertutur kata yang baik. Karena tutur kata yang baik adalah amal perbuatan yang terpuji....”. (M. Khudry Bek, Nur al-Yaqien, hal. 82).

Sumber : http://www.nu.or.id
Tag :
kisah nabi muhammad singkat,kisah nabi muhammad membelah bulan,kisah nabi muhammad disihir,kisah nabi muhammad wafat,kisah nabi muhammad bertemu dajjal,kisah nabi muhammad dan istrinya,kisah nabi muhammad saw lengkap pdf,kisah nabi muhammad di gua hira,kisah nabi muhammad dan siti khadijah,kisah nabi muhammad kartun,kisah nabi muhammad full,kisah nabi muhammad pdf,kisah nabi muhammad dengan iblis,kisah nabi muhammad berdagang,kisah nabi muhammad dan cicak,kisah nabi muhammad yang menggetarkan hati,kisah nabi muhammad dengan pengemis buta,kisah nabi muhammad untuk anak,kisah nabi muhammad dan kucing,kisah nabi muhammad saw untuk anak,kisah nabi muhammad singkat dan jelas,kisah nabi muhammad singkat dari lahir sampai wafat,kisah nabi muhammad singkat padat jelas,kisah singkat nabi muhammad dan sifatnya,kisah singkat nabi muhammad dari lahir sampai meninggal,kisah teladan nabi muhammad singkat,kisah nabi muhammad dengan singkat,kisah nabi muhammad yg singkat,kisah kelahiran nabi muhammad singkat,kisah nabi muhammad lengkap singkat,kisah hidup nabi muhammad singkat,kisah nabi muhammad paling singkat,kisah perjuangan nabi muhammad singkat,kisah perjalanan nabi muhammad singkat,kisah nabi muhammad secara singkat dan lengkap,kisah nabi muhammad secara singkat dalam bahasa inggris,kisah nabi muhammad saw dengan singkat,kisah nabi muhammad melawan sihir,kisah nabi muhammad tentang sihir,cerita nabi muhammad bertemu dajjal.

No comments

Powered by Blogger.