BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Hijab dan Kesalahan Menggunakan Hijab Menurut Islam





Portal Aswaja - Menutup aurat adalah kewajiban bagi semua umat muslim. Aurat untuk pria adalah bagian pusar (perut) kebawah hingga di bawah lutut. Sedangkan untuk wanita  seluruh tubuhnya adalah aurat kecuali kedua telapak tangan dan muka.

Allâh memerintahkan kepada istri-istri nabi dan wanita beriman untuk menutup aurat mereka sebagaimana firman-Nya :
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Artinya : "Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka !” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." [al-Ahzâb/33:59]
Jika dulu menutup aurat terlihat biasa saja dan tidak fashionable, sekarang tidak. Menutup aurat sudah bisa terlihat fashionable dan modern, khususnya hijab.

Tetapi hal tersebut seringkali membuat mereka lupa bahwa menutup aurat pun memiliki batasan.

Berikut berhijab yang fashonable namun salah menurut aturan islam;

1. Hijab terlalu pendek

   Hijab yang sebenarnya adalah menutupi dada.

2. Hijab berlebihan

   Meski menutupi dada tetapi jika terlalu berlebihan atau terlalu mewah itu dosa. Selain dibenci Allah karena Allah membenci apa saja yang berlebihan, juga mengundang perhatian lawan jenis yang bukan mahramnya.

3. Hijab tanpa inner

   inner atau dalaman jilbab adalah hal yang sepele namun penting. Dengan inner, bagian pipi dekat telinga dan kening tertutupi. Kedua hal tersebut juga merupakan aurat.

4. Hijab transparan

   Meskipun menggunakan inner, hijab yang transparan juga tidak boleh digunakan. Karena masih memperlihatkan bagian wajah yang seharusnya tertutup namun tidak bisa dijangkau oleh inner.

Nah girls.. Sudah tahu cara berhijab menurut islam yang baik dan benar. Mari berhijrah sesuai ketentuan islam. Bukan sesuai tren.

No comments

Powered by Blogger.