BREAKING NEWS :
Loading...

Bolehkah Mendoakan Seseorang Agar Menjadi Jodoh Kita ?



Portal Aswaja - Jodoh memang tidak ada yang tahu kapan datangnya. Sering kali kita menerka-nerka siapa jodoh kita, atau kapan kita akan di beri jodoh. 

Banyak sekali remaja yang pacaran saat ini. Ketika mereka ditanya apa manfaat pacaran, kebanyakan dari mereka akan menjawab bahwa saling mengenal itu perlu. Padahal mereka tahu bahwa pacaran dilarang dalam islam. 

Bagaimana tidak? Pacaran lebih banyak mudharat dibanding ma'rufnya. Banyak sekali kerugian yang didapat dari pacaran. contoh kecil adalah mendekatkan kita kepada zina. 

Tetapi, selain pacaran masih ada remaja yang memilih mencintai dalam diam. Mereka tidak pacaran dengan orang yang mereka cintai. Mereka justru meminta hati seseorang yang dicintai kepada sang pemilik hati, yaitu Allah SWT. 

Bolehkah meminta seseorang agar menjadi jodoh kita dalam islam

Allah berfirman : 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku ijabahi doa kalian,” [QS. Ghafir: 60] 

Dari firman Allah tersebut jelas tertulis bahwa Allah selalu menjanjikan ijabah untuk segala doa umat-Nya. 

Rasulullah bersabda yang artinya : 
“Setiap muslim yang berdoa kepada Allah – selama bukan doa yang mengandung dosa atau memutus silaturahmi – pasti akan Allah ijabahi permohonannya dengan salah satu dari 3 bentuk: Allah segerakan doanya, atau Allah simpan doanya untuk diberikan ketika di akhirat, atau Allah selamatkan darinya musibah yang semisal dengan apa yang dia minta,” [HR. Ahmad] 

Jadi, berdoa agar seseorang menjadi jodoh kita itu boleh karen atidak mengandung dosa dan tidak memutus silaturrahmi. Bahkan menurut beberapa ulama, hal ini justru lebih baik dibanding mereka yang pacaran. 

Tetapi perlu diingat bahwa apa yang kita ingin belum tentu baik menurut Allah, karena Allah Maha Mengetahui. Jika memang seseorang yang kita sebut dalam doa, Allah pasti berikan keinginan kita. 

Jika sesorang yang kita sebut adalah buruk untuk kita menurut Allah, maka doa kita tidak akan dikabulkan karena Allah Maha Penyayang. Jadi jangan mengeluh ketika doa tidak dikabulkan. 
Wallahu a'lam. 





No comments

Powered by Blogger.